19.10
2010
Is Puberty License to Eat More?

Guys, sadarkah kalian? Memasuki masa remaja, jumlah makanan yang kita konsumsi meningkat drastis! Apalagi pada cowok. Dari konsumsi sepiring, sekarang jadi tiga piring! Sebenarnya hal ini normal nggak sih?

Kenapa Makanku jadi Banyak ya? Well, sebenarnya wajar-wajar saja kita makan lebih banyak setelah memasuki masa remaja. Maklum, tubuh memerlukan banyak energi untuk menunjang laju pertumbuhan kita yang cepat pada masa puber. Tidak heran, tinggi badan kita meningkat dengan pesat dan tubuh kita mulai berbentuk1

Bedakah antara cewek dengan cowok? Beda pertumbuhan, beda juga pola makannya. Selain umumnya cowok makan lebih banyak daripada cewek, peningkatan pola makan ini terjadi pada waktu yang berbeda. Pertumbuhan cewek pada masa puber terjadi lebih dulu dibandingkan cowok. Tidak heran nafsu makan mereka meningkat pesat pada awal sampai pertengahan masa puber, yaitu pada usia 10-13 tahun. Sedangkan cowok mengalami pertumbuhan paling pesat pada pertengahan sampai akhir masa puber, yaitu pada usia 14-17 tahun. Jadi, jangan khawatir dulu kalau teman cowok atau teman cewek kamu punya peningkatan nafsu makan yang berbeda dari kamu1!

Aku Nggak Bisa Berhenti Makan! Apakah ini juga normal? Masa puber memang membuat nafsu makan kamu meningkat. Tetapi apabila nafsu makan terus meningkat sampai kamu makan terus-menerus dan selalu lapar, kamu harus waspada! Hal ini bisa saja merupakan tanda kamu kekurangan vitamin atau mineral tertentu. Saat kita kekurangan nutrisi tertentu, tubuh akan merespons dengan meningkatkan nafsu makan sampai kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi2. So, pastikan kamu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral kamu! Tapi apabila kamu makan dengan banyak secara terus-menerus tanpa bisa dikontrol, bisa saja kamu mengalami binge eating disorder. Untuk mengatasi hal itu, berkonsultasilah pada dokter atau tenaga ahli.

Jadi, Makan Banyak pada Masa Ini Nggak Membuat Gendut Dong? Kebutuhan energi memang meningkat, tetapi apabila asupan makanan lebih banyak dari kebutuhan energi, berat badan bisa naik secara belebihan! So, walaupun nafsu makan meningkat, pintar-pintarlah mengontrol asupan makanan kamu! Perbanyak konsumsi protein dan serat yang memberikan rasa kenyang serta hindari fast food! Selain tinggi kalori, fast food pun tinggi lemak yang tidak baik buat kesehatan kita!

So, Apa yang Harus Aku Makan? Selain kebutuhan energi meningkat, kebutuhan vitamin dan mineral pun meningkat! Pastikan kamu mencukupi kebutuhan kalori, serta vitamin dan mineral untuk menunjang pertumbuhan yang optimal.

1.Kalori dan protein Kalori dari makanan yang kita konsumsi akan dipakai tubuh untuk menunjang pertumbuhan. Selain itu, sangatlah penting untuk memperbanyak konsumsi protein. Pasalnya, protein merupakan zat utama penyusun sel tubuh. Karena itu, konsumsilah makanan tinggi protein seperti daging, tempe, tahu, dan ikan3.

2. Kalsium Ingin tinggi? Perbanyak konsumsi kalsium! Kalsium diperlukan untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kurangnya konsumsi kalsium bisa mengakibatkan pertumbuhan tulang terhambat, sehingga tinggi badan tidak bertambah dengan optimal3. Jangan lupa minum susu kaya kalsium untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan badanmu!

3. Zat besi Selama masa pertumbuhan, kebutuhan zat besi meningkat. Pasalnya, makin banyak jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah, massa otot, dan sel-sel tubuh. Selain itu, cewek pun membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak untuk menggantikan zat besi yang hilang selama menstruasi3. Karena itu, perbanyak konsumsi makanan kaya zat besi seperti daging merah, sayuran hijau, serta sereal.

4. Zinc Zinc merupakan mineral yang penting untuk menunjang pembentukan otot dan sel-sel tubuh. Karena itu, pastikan kebutuhan zinc kamu tercukupi! Sumber zinc yang baik antara lain seafood, daging, dan gandum utuh3.

5. Vitamin B Selama masa puber, kebutuhan vitamin B akan meningkat. Hal ini dikarenakan vitamin B diperlukan untuk menunjang metabolisme energi dan menunjang pertumbuhan. So, penuhi kebutuhan vitamin B supaya kamu tetap semangat beraktivitas! Perbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin B seperti kacang-kacangan, susu, daging, dan sayuran hijau3.

6. Vitamin D Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium untuk menunjang pertumbuhan tulang3. Karena itu, pastikan kamu banyak beraktivitas di luar ruangan, khususnya di pagi hari. Hindari berjemur di di atas jam 10 pagi karena kadar sinar UV yang terlalu tinggi bisa berbahaya bagi kulit. Jangan lupa mengonsumsi susu yang kaya vitamin D untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin D. So guys, siap untuk tumbuh ke atas dan ga ke samping?

Referensi:

  1. Shomaker, L.B., et. al. 2010. Puberty and Observed Energy Intake: Boy, Can They Eat!. American Journal of Clinical Nutrition 92: 123-129.
  2. McCaughey, S.A. and M.G. Tordoff. “Magnesium Appetite in The Rat.” Appetite 38 (2002): 29-38.
  3. Grosvenor, M. B and L. A. Smolin. 2002. Nutrition: From Science to Life. Harcourt College Publisher.
20 Responses
Sinyo
13 May 2011
wahh,.,,wahh,,. Hai HILO.... Mau tanya nih,, iya nih nafsu makan kalo lagi puber emang tinggi,,, nah, kadang pola makan kita kan jadi nggak teratur. kasih tips biar pola makan kita bisa teratur dong,??? dengan cara pemaksaan dikit boleh nggak sih, biar kita taat pda pola makan teratur? =================================================== HiLo Teen: Hai Sinyo, Agar pola makan bisa teratur kamu bisa makan 5 kali dalam sehari, yaitu 3 kali makan pokok dalam porsi kecil & 2 kali makan selingan. Konsumsi makanan yg bergizi lengkap & seimbang. Hindarilah makanan yg tinggi kalori, seperti: gorengan, makanan yg berlemak, junk food, fast food, dll. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa baca pada artikel di link ini ya: http://www.hilo-teen.com/is-puberty-license-to-eat-more Disamping itu, imbangi juga dengan aktivitas yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Dan agar nutrisi kamu tetap terpenuhi, konsumsi HiLo Teen secara teratur ya. Tetap sehat bersama HiLo Teen ya Sinyo...! :) Cheers, HiLo Teen
Yullya
07 Jun 2011
hi hilo teen ... Aku yullya,,,, pngen nyk ni klok udah umur 15 thn tu msih bsa tinggi gak si???? Klok bwt se'orng cewek ??? Di jwab iya .^_^ ===================================================== HiLo Teen: Hai Yullya, Tentu masih bisa dong Yullya, krn usia yg tercepat utk pertumbuhan tulang itu adalah diantara usia 10-19 thn, yg disebut dg masa puber krn pd usia tsb hormon2 bekerja secara aktif. Nah, biasanya kalau sudah melewati usia ini pertumbuhan tulang masih bisa terjadi tetapi melambat. Tetap imbangi dg olahraga yg rutin, mengatur pola makan & mengkonsumsi HiLo Teen 2 kali sehari utk mengoptimalkan pertumbuhan tulang kamu ya... :D Cheers, HiLo Teen
David
30 Jul 2011
hi hilo teen.. Namaku david.bln sptember nanti aku ultah yg ke 19.sjak umur 16 tnggi bdan aku ga nambah2.kalo uda brnti 3 taun gtu kra2 msi bsa nambah tnggi lg ga ya?dari umur 9-14 sih aku aktif di tim futsal n mnum susu tiap hari.tapi aku khawatir waktu umur 15-17 aku krjaannya main warnet trus,kalo skali main bisa sampe bgadang2 gt,bsa kdang nginep smpe bbrp hari di wrnet.sampe2 dulu aku jadi kurus bgt kayak tulang doang. Jd,apakah sudah rusak permanen?1 tahun trakhir ini c aku uda brusaha semaksimal mungkin mmperbaiki gaya hdupku,tp sepertinya ga ada perubahan.jd sbnernya bisa ngga sih aku mngembalikan pertumbuhan tggi bdan yg 'hilang'? Thanks hilo..jwbnya jgn gombal yah hehe.. ============================================================== HiLo Teen: Dear David, Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan, diantaranya adalah genetik, usia, nutrisi, pola aktivitas, dll. Pastikan nutrisi tercukupi (dengan HiLo) dan aktivitas. Dengan berolahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu dapat melatih semua otot-otot tubuh sehingga dapat membantu untuk bertambah tinggi. Olah raga juga dapat memicu hormon-hormon pertumbuhan bekerja lebih baik agar dapat terus bertambah tinggi dan berkembang. Khusus untuk nutrisi, yang penting diperhatikan untuk tinggi badan adalah kalsium. Makanlah secara teratur dengan mengonsumsi makanan yang bergizi & seimbang serta istirahat yang cukup ya David. Pertumbuhan tinggi badan bervariasi, pertumbuhan paling cepat terjadi pada usia puber 10-19 tahun. Pada saat itu hormon pertumbuhan bekerja dengan aktif. Jika sudah melewati usia ini, pertumbuhan tinggi badan masih bisa terjadi namun melambat. Dan ada 1 hal yg perlu kamu ketahui David, kalau pertumbuhan tulang itu gak bisa terjadi secara cepat. Dibutuhkan proses, waktu & usaha utk mewujudkannya. Tetap semangat David... \(^o^)/ Cheers, HiLo Teen
Sutha
31 Dec 2011
Umr sy genap 20th thn ini.Untk aktifitas sy srg mlakukan chin up ..Yg sy ign tanyakn chin up yg baik brapa lm y durasiny? Untk hilo yg jnis Ap yg cocok bgi saya ya? ====================================================================== HiLo Teen: Hai Sutha, Kamu dpt melakukan olahraga tsb sesuai dg kemampuanmu. Dan lakukan juga dg teknik yg tepat ya Sutha... :) Utk usiamu saat ini, kamu dpt konsumsi HiLo Active yg nutrisinya sudah disesuaikan utk memenuhi kebutuhan usia 19-50 thn. Karena HiLo Active merupakan susu mineral alami untuk kesehatan tulang & sendi. Selamat mencoba HiLo Active nya ya... :) Cheers, HiLo Teen
King
13 Jun 2012
cara penyajian susu Hilo yang benar gimana sih, dengan air yang baru mendidihkah atau air yang hangat?apakah penyajiannya berpengaruh? ===================================================================== HiLo Teen: Hai King, Cara penyajian yang benar adalah air terlebih dahulu baru menambahkan susu sesuai dengan saran penyajian. Sebaiknya menggunakan air yang hangat sesuai saran penyajian pada kemasan ya. Cheers
Icha
29 Aug 2012
hai Hilo...aku suka banget lho Hilo.....soalnya enak rasanya..... :D =================================================================== HiLo Teen: Hai Icha, Terima kasih atas kepuasan kamu thd produk HiLo :) Cheers
Icha
29 Aug 2012
Hilo.........umur berapa sampai berapa aja sih..yg di anjurkan untuk minum Hilo Teen? tolong dijawab ya..makasih............:D ;D =================================================================== HiLo Teen: Hai Icha, Hilo Teen bisa dikonsumsi dari usia 12-19 tahun ya:) dikonsumsi sehari 2x. Cheers
Dhani
01 Sep 2012
Hilo.. saya pernah baca artikel di yahoo waktu kemarin kemarin, saya menemukan artikel tentang meminum susu, lalu disana di jelaskan minum susu tidak harus setiap hari.. apa kah itu benar??? kenapa tidak boleh setiap hari berturut turut?? =================================================================== HiLo Teen: Hai Dhani, Kalau boleh tau artikel berasal dari mana Dhani? Sbg informasi susu berasal dari bahan-bahan alami, yang diperlukan tubuh.Selain kalsium utk pertumbuhan tinggi badan dan menjaga kepadatan tulang.Dan juga vitamin dan mineral.Jadi, tentu saja akan lebih optimal jika dikonsumsi sehari 2x utk memenuhi nutrisi harian kamu. Cheers
Panggih saputra
06 Sep 2012
Kpn terjadinya respon stelh mengkonsumsi hilo ten =============================================================================== HiLo Teen: Hai Panggih, Ada satu hal yg perlu kamu ketahui nih Panggih, kalau pertumbuhan itu gak bs terjadi scr cepat/instant. Jadi, dibutuhkan waktu, proses & usaha utk mewujudkannya. Cheers, HiLo Teen
Dennis wafa giovanni
07 Sep 2012
hi hilo . aku dennis,tinggi badanku 170 cm . aku pemain basket usiaku masih 15 th . aku pengen tambahin tinggiku lg . kira kira bisa ngga ? caranya gimana ? dan kira kira sampai berapa cm ? . bls ya . tolong infonya . thanks :) =============================================================================== HiLo Teen: Hai Dennis, Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan, antara lain: genetik, usia, nutrisi, pola aktivitas, istirahat yang cukup, dll. Di usiamu skrg ini masih bisa kok utk mengoptimalkan pertumbuhan. Krn pertumbuhan tinggi badan berbeda-beda pd setiap org. Dan pertumbuhan yg cepat terjadi itu adalah diantara usia 10-19 thn, yg disebut dg masa puber & hormon-hormon bekerja dg aktif. Utk mengoptimalkannya konsumsi HiLo Teen 2 kali sehari, olahraga yg rutin, mengatur pola makan & istirahat yg cukup. Dan ada 1 hal yg perlu kamu ketahui jg nih Dennis, kalau pertumbuhan itu gak bs terjadi scr cpt. Jadi dibutuhkan waktu, proses & usaha utk mewujudkannya. Good luck ya Dennis... :) Tumbuh tuh keatas, gak kesamping! Cheers, HiLo Teen
Yenni
17 Sep 2012
aku mau tanya apkah dumurku yg 14 thn ini dgn tnggi bdan yg cman 148 cm udh ckup ideal bagi seorng cwek??? lalu apa yg hrus aku lkukan untuk mnmbah tnggi bdan aku??? =================================================================== HiLo Teen: Hai Yenni, Ada beberapa faktor yg mempengaruhi tinggi badan, yaitu: usia, genetik, nutrisi, aktivitas, dll. Agar pertumbuhan tulangmu lebih optimal, kamu lakukan olahraga yg rutin minimal 3 kali seminggu, atur pola makanmu, istirahat yg cukup & mengonsumsi HiLo Teen 2 kali sehari utk memenuhi kebutuhan nutrisimu. Perlu kamu ketahui Yenni, kalau pertumbuhan itu gak bisa terjadi scr cepat ya. Jadi dibutuhkan waktu, proses & usaha utk mewujudkannya. Cheers, HiLo Teen
Yitro
03 Oct 2012
apakah mengkonsumsi alkohol dapat menambah tinggi badan atau sebalikxa, , , ? ? ? =============================================================================== HiLo Teen: Hai Yitro, Alkohol yang terkandung pada minuman keras dapat mempengaruhi sistem syaraf dan mengganggu fungsi otak. Salah satu efek negatifnya, alkohol dapat menurunkan daya ingat dan kemampuan konsentrasi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol dapat menyebabkan gangguan hati, ginjal, tekanan darah tinggi, dan kerusakan otak. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan kamu secara optimal di usia remaja, sebaiknya hindari alkohol serta pilihlah makanan dan minuman yang kaya nutrisi. Cheers, HiLo Teen
Fauziah
14 Oct 2012
hi hilo.. aku mw nnya nih,, mngny bnar yah klo mnum hilo teen tbuh kits bsa lbih tnggii lgi? ================================================================ HiLo Teen: Hai Fauziah, HilLo Teen dilengkapi dengan tinggi kalsium dan berbagai mineral lainnya. Nutrisi ini sangat menunjang untuk pembentukkan tulang sehingga pertambahan tinggi badan juga dapat terjadi. Selain minum dua gelas HiLo sehari, sebaiknya kamu meningkatkan aktivitas dgn melakukan olahraga secara rutin karena olahraga baik utk memicu hormon pertumbuhan. Perhatikan juga waktu istirahat yaitu 8 jam perhari ya. Tetap semangat Fauziah :-) Cheers, HiLo Teen
Ddani
24 Oct 2012
hai ... saya dani, umurku 20 thn, saya perokok. masih bisa gak tubuh saya tambah tinggi lagi.. tolong jawab ya..? ===================================================================== HiLo Teen: Hai Ddani, Ada beberapa faktor yg mempengaruhi pertumbuhan tulang, antara lain: usia, genetik, nutrisi, aktivitas, dll. Merokok selain berbahaya jg dapat memberikan resiko terhadap kesehatan tubuh, seperti kanker. Sebaiknya dikurangin dan dihindari ya Dani. Dan agar pertumbuhan lbh optimal lakukan olahraga yg rutin minimal 3 kali seminggu, mengatur pola makan, istirahat yg cukup & mengonsumsi HiLo 2 kali sehari utk memenuhi kebutuhan nutrisimu. Tetap sehat bersama HiLo :) Cheers, HiLo Teen
Jemmyf9
06 Dec 2012
Hai Hailo saya jemmy,usia saya sekarang 22 Tahun.saya mengkonsumsi susu hailo terkadang lebih dari 2X dalam sehari.apa itu tidak berlebihan?
Hiloteen
07 Dec 2012
Hai @Jemmy HiLo Teen sudah menjawab pertanyaan kamu. Semoga bermanfaat :) Cheers, HiLo Teen
Bianca
12 Dec 2012
Hi, HiLo.. Aku ce 20 thn ntr lg mw msk 21, tggiku 155,5 cm. Dl wkt usia 19 thn aku rajin bgt mnm HiLo teens & hmpir stp hr lompat tali. Dlm sehari bs 3 - 4 kali lompat talinya, tapi kog g + sih tinggi badanku. Gmn donk? Se4 nyerah aku.. Apa skrg di usia yg mnuju 21 msh bs + tinggi g? Min 5 - 6 cm deh... Krn skrg aku kerja, olahraga apa yg bs memicu bertambahnya hormon pertumbuhan badanku selain basket, voli, n renang? Aku skrg bagusnya minum HiLo apa? Pngenx sh mnm HiLo teens aja krn kalsiumnya lbh byk drpd HiLo untuk pemuda yg 20 thn k ats. Gpp yaa klo aku mnm HiLo teens? Biar ttp awet muda jg gitu.. Hehehe (kidding) Mohon sgr dbls yaa, HiLo.. Mksh.. Sukses bwt HiLo!!!^^
Dava
12 Dec 2012
Nama saya sondava.. Umur g 14 thn.. Tinggi 177 cm.. Apa saya bisa mencapai 180 ke atas saat pertumbuhan berhenti?
Ghina
17 Dec 2012
hy hilo... umur saya 14 thn, tb 140 cm, bb 32 kg... saya ingin tinggi bdn minimal 170,, apakah saya masih bisa tinggi ?? bagaimana caranya siih ???
Hiloteen
17 Dec 2012
Hai @Ghina HiLo Teen sudah menjawab pertanyaan kamu ya :) Semoga bermanfaat. Cheers, HiLo Teen
Hiloteen
12 Dec 2012
Hai @Bianca dan Dava silakan di cek email kalian ya :) HiLo Teen sudah menjawab pertanyaan kalian. Cheers, HiLo Teen
Nncxunmd
28 Apr 2013
owxLmK mtolswntwtgz, [url=http://vaunfbfennnp.com/]vaunfbfennnp[/url], [link=http://qpcavcyeipum.com/]qpcavcyeipum[/link], http://mprephvecihy.com/
Login dulu sebelum ikut berkomentar :D
RECENT ARTICLES
POPULAR ARTICLES
Other Quiz