09.05
2011
Kurang Tidur Bikin Kita Jadi Stres?

Stress dan bete, rasanya semua salah dan bawaannya mau marah-marah terus. Kalau begini, melakukan apapun jadi tidak maksimal. Padahal tugas sekolah mulai menumpuk dan jadwal ujian sudah menanti. Kenapa sih stress justru datang mengganggu?

Tidur dan Stress Tugas sekolah yang menumpuk, jadwal keseharian yang penuh, dan ortu sering membuat kita stress. Tapi, ternyata tidak hanya hal-hal yang ’berat’ ini saja yang bisa membuat kita stress. Kebiasaan yang tampak ’ringan’ seperti kurang tidur pun ternyata berpengaruh. Penelitian menunjukkan bahwa gejala stress lebih sering dialami oleh para remaja yang sering tidur larut. Mereka yang waktu tidur malamnya hanya mencapai 7.5 jam per malam ternyata lebih mudah mengalami stress, apabila dibandingkan mereka yang tidur malam lebih dari 8 jam1. Tidak hanya mudah mengalami stress, remaja yang waktu tidurnya kurang juga lebih sering mengantuk di siang hari, lebih cepat bete dan kesal, kurang berenergi, serta cepat merasa lelah. Kurang tidur memang diketahui dapat mempengaruhi bagian otak yang mengatur emosi (amygdala) dan bagian otak yang mengatur pola pikir rasional (prefrontal cortex). Saat kita kurang tidur, aktivitas pada amygdala akan meningkat sedangkan aktivitas pada prefrontal cortex akan menurun. Akibatnya, kita mudah merasa bete dan stress.

Berapa yang Cukup? Remaja disarankan untuk tidur malam sekitar 8.5-9.5 jam setiap harinya. Walaupun jadwal setiap harinya padat, usahakan untuk tidur pada waktu yang tetap setiap malamnya dan jangan terlalu larut. Tidak hanya bebas stress, tidur cukup juga penting untuk kesehatan dan perkembangan tubuh seperti perbaikan sel-sel tubuh, pembentukan otot dan tulang, serta perbaikan sistem kekebalan tubuh. Lengkapi juga kebutuhan nutrisimu dengan susu HiLo yang tinggi mineral namun rendah lemak. Dengan begitu, kita bisa beraktivitas dengan lebih optimal sepanjang hari. References:

  1. Sleep-Deprived Teens Report Stress, Mood Disorders. Psychiatric News May 19, 2006 Volume 41 Number 10 Page 41.
3 Responses
Aillah
20 May 2012
Iya gue setuju baget , klw krg tidur jg berpengaruh terapi bkn hanya tidur ajha msh byk alasan salah satux setuasi sekolah.
Ama
21 Jul 2012
mau tanya dong, kalau misal tidur 8 jam itu cuma tidur malam ya? misal kita siang hari tidur 2 jam, efeknya apa? thanks before :) ===================================================================== HiLo Teen: Hai Ama, Tidur yang baik dan berkualitas adalah 8-9 jam dalam sehari (siang dan malam) , jadi bila saat siang hari kamu tidur sekitar 2 jam maka saat malam hari kamu bisa tidur sekitar 6-7 jam. Oya, akan lebih baik juga bila saat tidur siang kamu bisa mengisinya dengan aktifitas atau olahraga sehingga pertumbuhan tulang juga akan semakin optimal. Cheers
Jaimee
06 May 2013
We have decided to open our POWERFUL and PRIVATE web traffic system to the public for a limited time! You can sign up for our UP SCALE network with a free trial as we get started with the public's orders. Imagine how your bank account will look when your website gets the traffic it deserves. Visit us today: http://voxseo.com/traffic/
Login dulu sebelum ikut berkomentar :D
RECENT ARTICLES
POPULAR ARTICLES
Other Quiz