08.09
2015
8 Fakta Tentang Renang yang Wajib Kamu Tahu

Berencana berolahraga di weekend ini? Tapi bosan dengan rutinitas olahraga seperti futsal atau bermain basket dengan teman-teman di komplek rumah? Nah, mungkin sekarang waktunya kamu mengajak mereka untuk basah-basahan di kolam renang, apalagi di tengah udara yang membuat gerah. Terdengar seru, kan? Eits, tapi jangan buru-buru nyebur dulu ya, berenang memang salah satu alternatif olahraga yang menyenangkan, apalagi tanpa harus berkeringat atau kepanasan kamu bisa tetap membakar kalori dan mendapat segudang manfaat lain dari olahraga air ini.

Ini dia 8 fakta tentang berenang yang mungkin bisa membantumu meyakinkan teman-teman utuk pergi ke kolam renang:

1.     Renang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan

Berenang sebagai salah satu olahraga aerobik mampu membantu pertumbuhan tinggi badan. Saat berenang dalam air, seluruh bagian tubuh akan bergerak aktif. Selain itu gaya gravitasi dalam air jauh lebih kecil daripada di darat sehingga tekanan ke bawah terhadap badan lebih kecil saat berenang. Hal inilah yang membantu pertumbuhan tinggi badan.

2.      Renang salah satu cara mendapatkan otot yang keren

Badan atletis dengan otot-otot kering pada atlet renang tidak mereka dapat begitu saja kok. Rutin berenang terbukti membantu dalam terbentuknya pahatan-pahatan otot kering. Menurut jurnal of Sport Science, hal ini didukung oleh gerakan dalam berenang yang mayoritas mementingkan peregangan, yang juga meningkatkan kelenturan tubuh.

3.      Berenang aktifkan semua otot yg lama tertidur

Dengan nyemplung di kolam renang, kita dipaksa menggerakan seluruh tubuh kita untuk bisa bergerak dan mengapung. Maka dari itu, secara keseluruhan gerakan renang merupakan olahraga yang dapat melatih keseluruhan otot di tubuh kamu, termasuk otot yang tidak jarang sekali digerakkan. Akan tetapi, memang ada otot yang secara spesifik dilatih ketika berenang dengan jenis gaya (stroke) yang tertentu. Contohnya: gaya bebas mengoptimalkan otot bisep dan trisep, sedangkan gaya kupu-kupu mengoptimalkan kerja otot bahu, perut, dan lengan bagian atas.

4.      Renang dapat meningkatkan nafsu makan

Apakah kamu sering merasa lapar yang luar biasa setelah berenang? Tenang! Ada penjelasan ilmiah terkait hal ini. Ketika berenang suhu sekitar tubuh kita menurun drastic karena air kolam yang dingin, suhu air dingin menyebabkan asupan kalori lebih banyak setelah berenang, seperti dijelaskan di Journal of Swimming Research dinyatakan bahwa suhu air dingin menstimulasi asupan energi setelah olahraga (post-exercise energy intake). Tidak ingin jadi rakus setelah berenang? perhatikan suhu air dalam program akuatik yang didesain untuk penurunan berat badan atau minumlah segelas susu hangat sehabis berenang untuk mengisi perutmu yang kosong sebelum memakan makanan utama.

5.      Jangan malas bilas, sebelum dan sesudah berenang

Sudah menjadi unspoken rules memang untuk bilas setelah berenang karena memang alasan kebersihan mengingat kondisi air kolam renang yang tidak selamanya terjamin higientiasnya. Nah bagaimana dengan bilas sebelum berenang? Sepertinya tidak semua orang memperdulikannya. Padahal sebaiknya kita membilas tubuh sebelum dan setelah berenang. Kenapa ini harus dilakukan, selain manfaat kebersihan, juga membantu tubuhmu tidak kaget dengan perubahan suhu saat nyemplung ke kolam. 

6.      Stres dan kegelisahan ikut mengalir saat kamu berenang

Menurut ASA (American Swimming Associaton) berenang dapat memberikan manfaat kesehatan mental, dengan menjernihkan pikiran, mendinginkan kepala, dan menumbuhkan sikap dan persepsi positif, walau memang kondisi ini sulit diukur secara kuantitatif.

7.      Renang = Bye bye asma

Peneliti percaya bahwa renang adalah salah satu olahraga terbaik untuk meringankan asma, hal ini didukung dengan proses berenang yang mendukung aktivasi syaraf parasimpatik seghingga merangsang bronkus (saluran pernafasan) lebih aktif berkontraksi, dan beberapa manfaat lain seperti peningkatan kualitas otot-otot pernafasan yang terlatih saat kita berenang.

8.      Renang membuat seseorang lebih awet muda

Banyak kelebihan dari berenang yang dapat menjauhkanmu dari berbagai penyakit hari tua seperti rematik, penyakit jatung, bahkan stroke. Kebiasaan berenang yang rutin dapat membantu memperlancar peredaran darah. Risiko penyakit jantung dan stroke tentu lebih rendah jadinya. Berenang juga meningkatkan efisiensi  penggunaan oksigen dalam tubuh kita.

Dengan mengetahui 8 fakta ini kamu bisa lebih yakin berolahraga renang. Tapi ingat ya, olahraga bukanlah satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap tinggi badan dan kesehatan seseorang. Nutrisi dan istirahat yang cukup juga penting dalam masa pertumbuhan.

 

Sumber:

·         American Red Cross. Swimming and Water Safety. Stay Well, Yardley, PA. 2004.

·         The Benefits of Swimming: Healthy Body and Mind. Effective water fitness. 2011

·         Jang, K.T., Flynn, M.G., Costill, D.L., et al. Energy balance in competitive swimmers and runners. Journal of Swimming Research, 3, 19-23. 1987.

·         Izvorni znanstveni Ĩlanak.Physical Development and Swimming Performance during Biological Maturation in Young Female Swimmers. Journal of Collegium Antropologicum, Vol.33 No.1.2009.

·         Bar Or O. Swimming and asthma. Benefits and deleterious effects. Sports Med. 14(6):397-405.2002.

0 Responses
Login dulu sebelum ikut berkomentar :D
RECENT ARTICLES
POPULAR ARTICLES
Other Quiz